Cara Membangun Rasa Percaya Diri Anak dan Lebih Menghargai Diri

Harga diri seorang anak sangat penting. Setiap anak harus memiliki percaya diri yang sehat. Tapi memelihara itu mungkin tampak tugas yang menantang. “Harga diri berasal dari memiliki rasa memiliki, percaya bahwa kita mampu, dan mengetahui kontribusi kita dihargai dan berharga,” kata terapis keluarga Jane Nelsen, co-penulis seri disiplin positif. Sebagai orang tua, tujuan kamu adalah untuk memastikan anak kamu mengembangkan percaya diri yang sehat dengan menghormati diri mereka sendiri dan orang lain di sekitar mereka.

Diberikan di bawah ini adalah beberapa cara untuk membangun anak kamu percaya diri:

• Bayar perhatian tak terbagi

Luangkan waktu dan membayar perhatian yang tak terbagi kepada anak kamu. Hal ini membuat anak kamu merasa penting. Pastikan kamu mendengarkan anak kamu dengan mempertahankan kontak mata.

• Memberikan cinta tanpa syarat

Anak kamu percaya diri tumbuh ketika kamu mandi cinta tanpa syarat pada dirinya. Ketika anak kamu tahu bahwa kamu berada di sana untuknya tidak peduli apa pun, yang meningkatkan percaya diri anak kamu. Jadi menunjukkan cinta kamu kepada anak-anak kamu dengan memeluk, menghargai atau berciuman.

• Batas mengajar

Jadilah tegas dan menetapkan beberapa aturan yang masuk akal dan realistis untuk anak kamu. Misalnya, jika anak kamu akan mengambil mobil kamu dan pergi ke suatu tempat, jangan biarkan anak kamu pergi tanpa mengenakan sabuk pengaman. Jika dia melanggar aturan, katakan padanya konsekuensi sebelumnya. ( “Jika kamu tidak memakai sabuk pengaman kamu, kamu tidak bisa mengendarai mobil. “)

• Biarkan kesalahan terjadi

Semua dari kita melakukan kesalahan, termasuk anak. Ketika anak kamu membuat kesalahan, biarkan dia belajar dari itu. Ini menjadi pelajaran yang berharga untuk kepercayaan diri anak kamu. Jika anak kamu merindukan kelas kuliahnya karena dia fajar di kamar tidurnya, imbaulah dia untuk memikirkan apa yang hendaknya dilakukan untuk menghindari situasi seperti itu. Dengan cara ini, percaya dirinya tidak akan menderita.

• Menghargai positif

Hargai anak kamu untuk mengakui hal baik yang dia lakukan. Tapi jangan terlalu menghargai. Apresiasi mengarah pada peningkatan percaya diri. Jadikan pujian kamu sespesifik mungkin. Ini akan meningkatkan perasaan anak kamu dari nilai diri.

• Resist perbandingan

Jangan membandingkan anak kamu dengan anak lain. Ini hanya akan merusak percaya diri anak kamu. Ketika kamu membandingkan anak kamu dengan yang lain dengan mengatakan sesuatu seperti “Mengapa kamu tidak menulis dengan cepat seperti Tom? ” ini akan membuat negativitas dan keraguan diri pada anak kamu.

• Memberikan dorongan semangat

Dorongan bekerja keajaiban bagi anak kamu. Dorong anak kamu dengan mengakui upaya mereka dimasukkan ke dalam. Memuji membuat anak kamu merasa baik tetapi mendorong mengakui usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *