MANFAAT DARI TEPUNG BERAS

Mungkin dari sebagian orang masih belum mengetahui terbuat dari apakah tepung beras? tepung beras di hasilkan dari beras yang sudah di giling sampai halus, terpung berasa ialah salah satu jenis tepung yang tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat Indonesia. Tepung beras tentunya juga sudah banyak digunakan untuk banyak jenis olahan makanan, terutama dalam pembuatan kue. Tepung beras selain berguna untuk olahan kue tepung ini juga sangat di percaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan apa saja yang ada pada tepung beras? pada dasarnya yang diketahui bahwa tepung terigu mengandung gluten yang dapat membuat sistem pencernaan dan menimbulkan masalah yang buruk pada mereka yang sudah memiliki toleransi gluten. Oleh karena ini tepung beras lah yang menjadi salah satu pengganti tepung terigu yang sangat tepat.

Tepung beras yang paling banyak digunakan orang masyarakat yaitu tepung beras putih, selain itu ada juga beberapa varian pada tepung beras ini seperti tepung beras merah dan putih. Jenis keduanya ini tentunya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.

Mungkin bagi kalian hanya mengetahui manfaat tepung hanya sebagai bahan pelengkap untuk olahan saja, tapi faktanya tidak hanya itu tepung beras memiliki manfaat bagi kesehatan juga. Berikut manfaat dari tepung beras :
1. Tinggi serat
Di dalam tubuh pastinya membutuhkan serat untuk melancarkan pencernaan sehingga bebas dari sisa-sisa zat yang anda di dalam tubuh. Kandungan pada tepung beras ini bisa di katakan sangat tinggi terutama pada tepung beras merah, selain membantu menghilangkan sisa zat tepung beras juga dapat menurunkan kolestrol dan menjaga kadar gula juga.

2. Bebas dari gluten
Gluten merupakan protein yang di peroleh dari biji-bijian seperti gandum, protein ini juga dapat menyebabkan gangguan pada penderita sakit Celiac yaitu gangguan pada saluran pencernaan akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten.

3. Menjaga fungsi pada hati
Tepung beras juga mengandung kolin yang di percaya dapat membantu kolestrol dari hati ke bagian tubuh lainnya yang sangat di butuhkan, dengan begitu kolin akan membantu menjaga hati agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

Tetapi di samping itu tepung beras tidak hanya berguna bagi kesehatan saja, tepung beras juga memiliki kelemahan yaitu kandungan folatnya lebih rendang di bandingkan dari tepung terigu. Folat memiliki peran yang sangat penting karena bisa membantu menghilangkan asam amino. Asam amino ini bisa meningkatkan penyumbatan pada pembuluh darah dan ini tentunya bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular. Selain itu tepung beras juga memiliki kandungan yang rendah fitonutereinnya daripada gandum yang utuh, meski begitu anda tidak perlu khawatir jika tidak di konsumsi secara berlebihan ini tidak akan menimbulkan masalah karena tepung beras tetap akan menjadi bahan olahan yang di gunakan yang menjadikan makanan tetap terlihat sangat lezat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *