APAKAH BENAR MENGKONSUMSI IKAN LELE ITU BERBAHAYA?

Lele ini biasanya menjadi salah satu menu yang biasa di olah menjadi pecel lele, pada menu pecel lele ini tetap menjadi salah satu pilihan makanan yang paling populer bagi banyak orang terutama untuk orang Indonesia. Di balik rasanya yang enak, namun masih banyak orang merasa khawatir juga untuk mengkonsumsi lele ini karena banyak juga yang mengatakan bahwa lele termasuk jenis makanan yang berbahaya untuk di konsumsi mulai dari kehigieniasnya sampai bisa terkena penyakit kanker. Namun nyatanya lele ini adalah salah satu jenis ikan yang masih aman untuk di konsumsi.

Ikan lele ini ialah sumber protein yang sangat baik, maka itu sebabnya lele ini sudah menjadi popularitas yang menjadikan nya sebagai lauk makanan sampai sekarang ini. Lele ini ini bahkan tidak hanya di kenal oleh orang Indonesia saja namun lele juga sudah di kenal di berbagai negara-negara lain.

Lalu yang selalu menjadi pertanyaannya, apakah mengkonsumsi lele itu berbahaya? selama ikan lele di konsumsi berasal dari perternakan lele yang secara domestik pastinya akan di jamin aman, maka tidak ada bahayanya makan ikan lele. Namun lain halnya jika ikan lele berasal dari perairan yang berasal atau mengalami pencemaran ekstrim, tentu ikan lele ini akan sangat berbahaya untuk di konsumsi bagi kesehatan.

Namun jika kalian masih ragu untuk mengkonsumsinya, hal yang harus di ketahui seperti :
1. Cari tahu asal usulnya
Untuk memastikan kehigienisnya nada harus mencari tahu terlebih dahulu asal usul dari ikan lele tersebut, pada umumnya ikan lele ini di panen dari perternakan kemudian di distribusikan lebih lanjut untuk di jual di pasar.

2. Cari ikan lele budidaya peternakan
Mengapa harus berasal dari perternakan? karena ikan lele yang di pelihara di perternakanan lebih kontradiktif dibandingkan dengan yang di tangkap di perairan bebas. Namun anda juga bisa membedakan antara ikan lele perternakan dengan ikan lele yang hidup di perairan bebas yaitu dengan baunya, umumnya ikan lele perternakan tidak identik dengan bau lumpur.

3. Membeli dan mengolah ikan lele
Jika anda ingin membeli ikan lele anda juga harus pandai memilih, ikan lele yang segar umumnya tidak berbau amis, berubah warna atau terdapat darah.

Salah satu penyebab orang takut untuk mengkonsumsi ikan lele karena pada beberapa tahun lalu bahwa sempat ramai dengan pemberitahuan bahwa mengkonsumsi lele itu bisa menyebabkan kanker. Namun para ahli sangat membantah hal ini, memang faktanya lele ini edentik dengan ikan yang kotor atau jorok namun ini juga tentunya tergantung pada sistem pemeliharaannya atau tekhnik budidaya juga. Namun jika mungkin dulu lele juga sering di sebut memakan kotoran manusia, namun kini dalam membudidayakan ikan lele ini sudah sangat higienis dan modern.

Jadi jika anda mengatakan bahwa makan ikan lele itu berbahaya yang bisa menyebabkan kanker itu tentunya sudah tidak lagi relavan namun semuanya sudah kembali kepada individu masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *