JENIS-JENIS IKAN YANG KAYA AKAN OMEGA 3 DAN NUTRISI

Ada beberapa jenis ikan yang memiliki beragam manfaat seperti ikan salmon, tenggiri, salmon dan jenis ikan lainnya yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu jenis ikan yang memiliki manfaatnya yaitu ikan tenggiri yang kaya akan omega 3 dan vitamin B12 dibandingkan jenis ikan lainnya. Sangat diutamakan jika kalian ingin mengkonsumsi ikan sebaiknya konsumsi lah ikan yang rendah kandungan merkurinya terutama bagi ibu hamil, menyusui atau juga yang memiliki kondisi medis tertentu.

Biasanya ikan yang memiliki ukuran yang besar bisa saja mengandung merkuri yang tergolong tinggi, hal ini bisa dikatakan karena waktu akumulasi dan substansi metal beracun yang ada di dalam tubuh ikan ini cenderung lebih lama. Agar mendapatkan manfaat dari ikan yang di konsumsi secara maksimal sebaiknya anda mengkonsumsi ikan tiga kali dalam satu minggu.

Untuk mendapatkan gizi yang seimbang, idealnya seseorang biasanya mengkonsumsi ikan 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu. Kandungan lemak yang terdapat pada ikan ini di percaya dapat mencegah munculnya berbagai penyakit. Selain itu ikan merupakan salah satu sumber protein rendah lemak yang sangat cocok untuk di konsumsi bagi yang sedang menjalankan program diet.

Berikut beberapa jenis ikan yang baik di kunsumsi, tidak hanya ikan tenggiri saja seperti :
1. Salmon
Tanpa diragukan lagi, ikan salmon sudah di percaya juga memiliki kandungan omega 3 karena memiliki jenis asam lemak yang sangat baik bagi kesehatan pada jantung. Tidak hanya kandungan omega 3 saja, namun ikan salmon juga kaya akan vitamin D dan kalsium juga.

2. Tuna
Jika kalian ingin mengkonsumsi ikan tuna, sebaiknya agar lebih jeli untuk memilih jenis ikan tuna ini jangan sampai mengkonsumsi ikan tuna yang memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi. Ikan tuna jika dikonsumsi dalam 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu maka kandungan vitamin dan protein ini sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

3. Kod
Ikan kod ini termasuk ke dalam salah satu jenis ikan yang kaya akan niacin, fosfor dan vitamin B12. Sementara kandungan protein dalam porsi ikan kod ini tergolong cukup tinggi jadi tidak perlu diragukan lagi jika kalian ingin mengkonsumsi ikan kod karena kandungan lemak dan kalorinya tergolong cukup sedikit.

4. Sarden
Ikan sarden juga ternyata mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, kalsium, protein dan vitamin B12 serat asam lemak omega 3. Ikan sarden ini sangat mudah untuk ditemukan dan pastinya harganya sangat terjangkau. Ikan sarden ini biasanya berbentuk kemasan kaleng, namun anda tetap harus memperhatikan berapa kandungan sodium tambahan pada kemasan tersebut.

Mengkonsumsi segara jenis ikan secara berkala dalam 1 minggu ini sangat disarankan agar mendapatkan asupan protein dan lemaknya. Tidak hanya itu saja, kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan tenggiri, tuna dan lainnya sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *