Bisa Cegah Kanker, Ini 3 Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Mangga adalah jenis buah tropis yang sering di konsumsi lantaran cita rasa yang di tawarkan buah ini sangat manis dan menyegarkan. Tapi, masih banyak orang yang tidak mengetahui jika daun mangga ternyata juga bisa di makan.

Beberapa tempat memanfaatkan daun mangga sebagai lauk masakan pendamping saat makan. Yang membuat daun mangga sangat layak untuk di konsumsi adalah keberadaan nutrisi yang melimpah di dalamnya, sehingga beberapa produsen obat atau pun kecantikan mulai mengolah daun mangga untuk di ekstrak menjadi teh hingga suplemen kesehatan.

Berikut ini sudah kami kumpulkan beberapa manfaat daun mangga untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.

1. Mencegah penumpukan lemak

Ekstrak dari daun mangga memiliki kemampuan untuk mengontrol diabetes, obesitas, dan sindrom metabolik dengan menghambat terjadinya penumpukan lemak dalam sel jaringan.

Disebutkan dalam jurnal kesehatan harian, beberapa peneliti melakukan percobaan terhadap seekor tikus membuktikan jika sel-sel yang mendapat pengobatan dengan ekstrak dari daun mangga memiliki kadar penimbunan lemak yang sedikit namun tingkat adiponektin meningkat secara signifikan.

Adiponektin merupakan protein yang berperan penting dalam metabolisme dan sirkulasi gula darah. Tingkat adiponektin dengan kadar tinggi dalam tubuh bisa melindungi seseorang dari penyakit kronis dan obesitas.

2. Sifat antiinflamasi

Daun mangga yang bersifat antiinflamsi ini membuat dirinya memiliki banyak manfaat yang bisa di ambil untuk kesehatan. Meski infalamasi merupakan salah satu respons dari imun tubuh yang normal, peradangan kronis juga bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya lainnya.

Penelitian yang menggunakan hewan sebagai objeknya ini menunjukan jika sifat dantiinflamasi dari daun mangga bisa melindungi otak dengan baik dari masalah kesehatan seperti Parkinson dan Alzheimer.

3. Sifat antikanker

Kandungan mangiferin dalam daun mangga memiliki potensi sebagai obat antikanker, sebab dapat melawan stres oksidatif dan memerangi peradangan.

Sebuah studi yang tercatat dalam jurnal kesehatan hari ini, menyebutkan jika daun mangga memiliki efek yang kuat terhadap paru-paru, leukimia, otak, leher rahim, payudara, dan kanker prostat. Selain itu, penelitian lebih jauh menunjukan jika kulit dari buah mangga memiliki potensi lebih besar sebagai antikanker karena terdapat senyawa lignan di dalamnya.

Tinggalkan Balasan