Dampak Baik Makan Secara Perlahan Bagi Tubuh

Rutinitas yang padat kerap kali mengharuskan kita untuk bisa lebih menghemat waktu dan memanfaatkannya dengan baik. Akhirnya, banyak dari kita memilih untuk makan dengan cepat atau tergesa-gesa.

Makan tergesa-gesa dengan alasan menghemat waktu tentu saja bukan hal yang benar. Mengunyah makanan dengan cepat dapat memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.

Jika aktivitas kamu cukup  padat, ada baiknya kamu mengatur waktu untuk berhenti sejenak dari pekerjaan untuk makan dan menikmati makanan kamu dengan perlahan-lahan. Makan dengan perlahan selain lebih nikmat, ternyata bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika makan dengan perlahan.

1. Menjaga kesehatan mulut

Mengunyah makan dengan perlahan bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan mulut. Saat proses mengunyah berlangsung, tubuh akan merespon rangsangan tersebut dengan mengeluarkan lebih banyak air liur dalam mulut.

Air liur sendiri memiliki fungsi untuk membantu proses penghalusan makanan agar dapat di cerna lebih mudah.  Bukan sampai situ saja, air liur juga berperan penting dalam mulut untuk membunuh  bakteri jahat penyebab bau mulut karena air liur memiliki senyawa hidrogen karbonat (senyawa antibakteri). Tapi, mengosok gigi secara rutin tetap wajib di lakukan untuk menjaga kesehatan mulut.

2. Mengurangi resiko asam lambung

Asam lambung bisa di sebabkan oleh banyak faktor. Salah satu pemicu asam lambung adalah makan tergesa-gesa. Sebab, ketika kamu makan dengan tergesa-gesa akan menekan balik asam lambung menuju kerongkongan. Inilah yang membuat seseorang bisa mengalami asam lambung.

Selain itu, proses mengunyah makanan yang terlalu cepat akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat akibat makanan yang di kunyah belum benar-benar hancur. Enzim dalam pencernaan lah yang akan bertanggung jawab jika makanan yang di kunyah kurang sempurna.

3. Mengurangi tingkat stres

Ternyata, makan secara perlahan bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Hal ini bisa terjadi akibat cita rasa dari makanan yang di kunyah lebih terasa enak dan nikmat.

Tidak hanya itu, proses mengunyah makanan secara perlahan juga dapat membuat diri kita lebih tenang dan mampu mengontrol diri sehingga tingkat stres bisa berkurang.

Tinggalkan Balasan