Minyak Esensial Yang Bisa Usir Nyamuk Dan Aman Untuk Kesehatan

Nyamuk merupakan serangga yang sangat-sangat mengganggu. Serangga ini bisa kita temui di mana saja, seperti di hutan, kebun, sungai, bahkan di dalam rumah. Ketika nyamuk menggigit tubuh kita, area bekas gigitan nyamuk tersebut akan menjadi gatal, muncul bentol-bentol, sampai demam.

Di jaman yang sudah berkembang ini, sudah terdapat banyak produk pelindung dari gigitan nyamuk seperti losion, obat nyamuk bakar, dan semprotan anti-nyamuk. Namun penggunaan produk penghalau nyamuk yang mengandung bahan kimia akan berdampak buruk bagi kesehatan jika di gunakan terlalu sering.

Tapi jangan khawatir, sebab ada minyak esensial alami yang ampuh mengusir nyamuk dan pastinya lebih aman untuk kesehatan tubuh karena tidak mengandung bahan kimia.

Penasaran minyak esensial apa saja yang ampuh mengusir nyamuk? Berikut ini ada beberapa minyak esensial pengusir nyamuk alami yang harus kamu coba.

1. Tea tree oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang di buat dari pohon Melaleuca yang asalnya dari Austalia. Minyak ini banyak di gunakan dalam dunia kecantikan dan kesehatan karena sifatnya yang antiinflamasi , antimikroba, dan antiseptik.

Penelitian yang di lakukan pada tahun 2010 juga menunjukan jika tea tree oil memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk secara ampuh. Uji lapangan yang di lakukan memperlihatkan bahwa pengusir nyamuk dengan kandungan tea tree oil di dalamnya bisa melawan nyamuk, lalat, dan serangga penggigit lainnya.

2. Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang kerap kali hadir dalam setiap masakan atau pun hidangan penutup. Di kutip dari laporan penelitian tahun 2004 di Taiwan, minyak kayu manis bisa membunuh telur nyamuk.

Cara pakainya juga mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1/4 sendok teh minyak kayu manis ke dalam 120 ml air. Setelah itu, semprotkan cairan  ke sekitar rumah, pakaian, dan bisa juga langsung ke kulit.

3. Nimba

Daun dan minyak nimba sangat terkenal dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Studi yang di lakukan pada tahun 2015 mengenai kemampuan minyak nimba, membuktikan jika minyak ini bisa memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk lebih dari 3 jam.

Nah, itulah 3 minyak esensial yang ampuh melawan nyamuk dan lebih aman bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan