Beberapa Khasiat Daun Salam Mendapatkan Aroma Masakan

Daun salam memiliki daun aromatik yang biasa dipakai dalam masakan. Daunnya yang bisa digunakan saat masih segar maupun dalam keadaan kering atau yang digiling. dan tidak hanya ada di indonesia saja, daun salam ini yang juga ada dijadikan penyedap masaka yang di negara malaysia. Baisanya daun salam ini yang telah digunakan menjadi tambahan aroma pada ayam atau juga ikan goreng serta dengan campuran ke sayur, bahkan bisa disedih dan diminum seperti daun teh.

Penasaran bukan apa saja khasiat dari daun salam bikin kesehatan, Silahkan simak berikut ada dibawah ini.

Inilah Beberapa Khasiat Dari Daun Salam

Bisa Menghambat Pada Pembentukan Biofilm
Enterococcus faecalis ini merupakan dari mikroorganisme yang pada umum ditemukan pada infeksi dari sekunder endodontik yang prevalensi ada sekitar 25-89 persen, Mekanisme untuk pertahanan bakteri yang ini adalah membentuk biofilm yatu kumpulan pada satu atau lebih dari mikroorganisme yang ada dalam tumbuh di berbagai permukaan.

ternyata, ada bakteri dalam biofilm yang bisa ada 10 sampai 100 kali lebih tahan terhadap antimikroba. ekstrak daun salam ini segar diperkiarakan yang memiliki efek antibiofilm. Ini berkat dari komponen kimia yang seperti tanin, flavonoid dan minyak atsiri yang telah bersifat antibakteri dan mampu untuk bisa merusak membran biofilm.

Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Dan Trigliserida
Dalam penelitian yang diterbitkan telah bertujuan untuk yang bisa mengetahui pengaruh ekstrak daun salam ini pada kadar trigliserida dan kolesterol denga total darah. Ditemukan ada bahwa penurunan kadar kolesterol yang telah terjadi karena dari daun salam yang sudah mengandung flavonoid, salah satunya kuersetin.

Telah dijelaskan bahwa kuersetin yang bisa menghambat oksidasi yang alias kolesterol jahat, sedangka flavonoid ini dapat bisa membantu untuk yang menghambat enzim reductase sampai yang terjadi penurnan kadar kolesterol darah. Dengan kesimpulannya ekstrak daun salam ini bisa menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dengan total yang berlebih.

Menunjukkan Potensi Antioksidan
Dalam sebuah penelitian yang mencari tahu mengenai aktivitas antioksidan ekstrak daun salam. Singkatnya, ekstrak daun salam dengan metanol yang menunjukkan aktivitas antioksidan yang tertinggi dengan nilai sekitar IC50 44,35 mg/ml.

Tidak hanya itu saja, ekstrak metanol ini menunjukkan aktivitas antioksidan yang tertinggi dengan nilai sekitar IC50 17,69 mg/ml. jika dapat disimpulkan bahwa ekstrak metanol daun salam ini berpotensi sebagai dari antioksidan. Antioksidan ini sendiri yang merupakan zat yang bisa mencegah atau memperlambat kerusakan dari sel yang disebabkan dari radikal yang bebas. Radikal bebas ini adalah molekul sudah tidak stabil yang bisa diproduksi dari tubuh sebagai reaksi yang terhadap dari lingkungan dan juga tekanan pada lainnya.

Tinggalkan Balasan