Wajib Tahu, Ini Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Manja

Manja merupakan sifat yang tidak begitu bagus dan terkadang sangat merepotkan. Anak dengan karakter yang manja kerap kali merasa bahwa dirinya adalah raja ataupun ratu, yang mana semua keinginannya harus terpenuhi, kapan pun dan di mana pun.

Tugas orang tua tentu saja menjadi lebih berat saat memiliki anak dengan sikap yang manja. Menjadi orang tua dengan anak yang manja pasti sangat merepotkan, sebab sang anak akan terus bergantung pada orangtua, bahkan untuk sesuatu yang sepele.

Jika kebiasaan seperti ini terus di biarkan dan tidak segera di hentikan, bisa berdampak buruk pada  kehidupan anak itu sendiri kedepannya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendidik anak agar tidak manja lagi.

Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini

Disiplin merupakan sikap yang wajib di ajarkan kepada anak. Dengan sikap disiplin, sang anak bisa mengetahui batasan dan bisa mengandalikan diri sendiri dengan baik.

Sebagai orang tua, kamu bisa mulai menanamkan kedisiplinan pada  anak dengan memberitahu beberapa aturan yang berlaku di dalam rumah. Anak yang di ajarkan kedisiplinan seperti aturan dalam keluarga, kelak anak tersebut bisa beradaptasi dan mengikuti aturan yang berlaku di tempat barunya dengan lebih mudah.

Berikan Beberapa Pekerjaan Rumah Yang Sesuai Dengan Usianya

Mengenalkan pekerjaan rumah kepada anak sejak dini tidak ada salahnya. Latih anak agar bisa melakukan pekerjaan atau tugas sesuai kemampuannya. Mulai dari tugas yang ringan, seperti membereskan tempat tidur, mencuci piringnya sendiri, hingga menyapu lantai.

Orang tua tentunya harus bersabar apabila pekerjaan yang di lakukan si anak tidak sempurna. Di sinilah peran orang tua sangat di butuhkan, karena ia belum mengerti tanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang sudah ia mulai.

Ajarkan Mengucap Terima Kasih

Ucapan terima kasih merupakan bentuk penghargaan atas segala sesuatu yang diberikan kepada kita. Dengan mengajarkan anak mengucap terima kasih  kepada orang lain yang sudah membantuhnya dapat menumbuhkan rasa bersyukur.

Sifat manja memang menjadi salah satu  sifat alami setiap manusia. Sesekali memanjakan anak dengan mengikuti kemauannya sah-sah saja.  Tapi, tidak bisa selalu di turuti sifat manjanya agar kelak bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan